ruang lingkup pengelompokan suatu produk

RUANG LINGKUP PENGELOMPOKAN PRODUK

1. Pengelompokan Produk

Tempat pemakaian
Ruangan kamar:
• Handbody (vasiline)
• Bedak (baby cussons)
• Minyak kayu putih (cap ayam)
• Pembalut (charm)
2. Ruangan dapur:
• Minyak goreng (filma)
• Garam
• Gulaku
• Royco
• Teh (sari wangi)
• Kecap manis (bango)
• Kecap asin (cap hati angsa)
3. Kamar mandi:
• Shampoo (dove)
• Sabun mandi (biore)
• Pasta gigi & sikat gigi (pepsodent)
• Pewangi pakaian (molto)
Kegunaan dan fungsi
• Handbody berfungsi untuk memutihkan dan menghaluskan kulit.
• Bedak berfungsi untuk melembutkan kulit & menhilangkan rasa gatal.
• Minyak kayui outih berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan menhilangkan rasa mual , terutama bagi bayi.
• Pembalut digunakan ketika mangalami menstruasi.
• Minyak goreng filma digunakan untuk menggoreng dan memasak masakan lainnya.
• Garam berguna untuk memberikan rasa pada masakan.
• Gulaku digunakan untuk membuat the, kopi bahkan pemanis juga bagi masakan.
• Royco merupan bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap masakan.
• Kecap manis dipakai untuk memberikan rasa manis pada masakan.
• Kecap asin dipakai j8uga untuk memasak dan menambahkan rasa asin pada makanan ataupun masakan.
• Syrup pohon pinang merupakan minuman segar yang hamper dikonsumsi oleh manusia.
• Shampoo dove merupakan salah satu contoh sampo yang sering digunakan para konsumen yang dapat melembutkan rambut.
• Sabun biore juga menjadikan kulit terasa lembut dan halus.
• Pewangi pakaian merk molton menjadikan pakaian kita lembut, wangi dan wanginyapun tahan lama.
Jenis
Produsen & merk
PT. UNILEVER, merupakan salah satu perusahaan terbesar yangv mana dari contoh merk produk yang saya tuliskan di atas seperti: dove, vasiline, pepsodent, sari wangi, royco produk- produk ini sudah menjadi bagian dari unilever.
2.. Merk
Merk dibagi menjadi atas 4 bagian yaitu:
• Individual
• Family ( lifeboy, kecap ABC)
• Lini
• Corporate ( biore,, dove, vasiline sunsilk)
3.Pengelompokan merk berdasarkan pemasaran
Berdasarkan pemasarannya, terdapat 4 bagian daripada pengelompokan produk yaitu:
• Nasional
• Lokal
• Terkendali ( menggunakan nama perusahaan, seperti produk Indofood)
• Generik
4 Produk life eycle ( PLE)
• Tahap perkenalan ( promosi)
Dimana dalam tahap promosi pihak produsen berusaha mompromosikan produknya baik itu melalui diskon sale, special price, bakan door to door hal ini sering dilkukan oleh salesmen produk elektro. Semua ini merupakan taktik produsen agar produknya tersebut laris di pasaran.
• Pendewasaan (harga)
Produsen berupaya bagaimana supaya produknya yang beredar di pasaran terjual laris dan habis, karena kebanyakan konsumen sekarang lebih mengutamakan harga murah dibandingkan mutu dan kualitas suatu barang.
• Penurunan atau kemunduran suatu produk
Tiap produk di pasaran pasti mengalami yang namanya penurunan atau kemunduran terhadap produk yang diproduksikannya. Hal ini disebabkan banyaknya produk- produk lain yang lebih menarik perhatian para konsumen dengan harga yang relative murah meskipun tidak berkualitas.
• Pertumbuhan (distribusi)
Produsen mendistribusikan produknya ke setiap pusat perbelanjaan, yang mudah untuk dijangkau oleh para konsumen. Mulai dari tempat- tempat yang sederhana bahkan pusat perbelanjaan yang besar seperti ( carefour, giant, hypermart, alfamart,indomaret, bahkan sampai ke warung laba). Tujuannya agar pembeli atau konsumen mudah untuk mendapatkan produk yang ia inginkan.
5.BRANDS
a. Development: pengembangan merk produk
Merk suatu produk dapat dikembangkan atas ijin dan kesepakatan antara produsen dan perusahaannya.
b. Reinfeement: penguatan merk
Merk suatu poduk harus segera diresmikan agar produsen lain tidak dapat mengalihkan produk tersebut menjadi hasil karya pihak atau perusahaan lain.
c. Repsitionist: penempatan merk produk
Perusahaan memberikan kebebasan keppada produsen untuk membuat bermacam merk atas produk yang mereka hasilkan dan distribusikan, akan tetapi berada dalam satu naungan atau perusahaan yang sama seperti produk- produk PT. UNILEVER.
Contoh: vasliine, dove, sunsilk, sari wangi dsb.
d. Modification: modifikasi merk
Untuk memodifikasi suatu merk produk, para produsen harus lebih jeli dalam membuat merk suatu produk agar lebih mudah menarik perhatiaan para konsumen.
Sekian ulasan dari saya mengenai pengelompokan akan suatu produk, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan paper ini.
Karena, saya juga masih jauh dari sempurna sekkian dan terima kasih.
DEPOK, 04’ Januari 2011

0 Response to "ruang lingkup pengelompokan suatu produk"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme